Selamat Datang di website resmi Program Studi Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta .

PKP adalah singkatan dari Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (Agricultural Extension and Communication). Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (Prodi PKP) merupakan salah satu program studi di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret yang memiliki akreditasi A, dan sudah ada Program Magisternya (S2 Penyuluhan Pembangunan) sejak tahun 2001, dan Program doktornya (S3 Penyuluuhan Pembangunan-Pemberdayaan Masyarakat) sejak tahun 2008.

Kompetensi lulusan Prodi PKP diharapkan dapat : 1) Memberdayakan masyarakat (Empowering people); 2) Mengkomunikasikan inovasi (Communicating innovation); 3) Melakukan perubahan di masyarakat (Promoting social change). Untuk mencapai kompetensi lulusan Prodi PKP mengembangkan 3 Laboratorium yaitu: 1) Lab. Pemberdayaan Masyarakat; 2) Lab. Komunikasi Pertanian, dan 3) Lab. Sosiologi Pedesaan, dan didukung oleh 16 orang dosen lulusan dalam negeri maupun luar negeri yang kompeten di bidangnya. Prodi PKP juga didukung oleh budaya kerja BRIGHT (Bravery, Responsibility, Integrity, Genuiness, Honesty, Trust-Team work).

Prodi PKP memiliki kurikulum paling lengkap di bidang pertanian karena mahasiswa selain belajar tentang teknis pertaniannya (content area), juga belajar tentang ilmu social (process area: sosiologi, psikologi, komunikasi, pendidikan).

Masa tunggu lulusan Prodi PKP untuk memperoleh pekerjaan hanya 2,8 bulan kurang dari 3 bulan, dan 88% bekerja di bidang yang sesuai dengan kompetensinya. Lulusan Prodi PKP dapat masuk di semua lini bidang pekerjaan karena lulusan Prodi PKP memiliki kompetensi yang lengkap di bidang pertanian. Dari hasil tracer study lulusan bekerja menjadi : Dosen; Peneliti; Birokrat: Pemerintah Pusat (Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan, Kementrian Hukum Dan Ham); Pemerintah Daerah (Dinas Pertanian,Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan, Bappeda Dll); Perbankan (BRI, BNI, Mandiri, Bank Mandiri Syariah, Bank Muamalat, BTPN, BTPN Syariah dll); Perusahaan Agribisnis/Perkebunan (Sinar Mas, Astra Agro Lestari, Dll); Media Massa; NGO (dalam dan luar negeri).

Mahasiswa Prodi PKP banyak berkiprah di tingkat nasional dan internasioanal (student exchange, Global challenge, Internship, inhibition, international conference, International summer course, Symposium) di Perancis, Jepang, Belanda, Korea, Macao, Malaysia, Vietnam, Thailand, RRT (Cina), Mahasiswa Prodi PKP juga sering memenangkan hibah2 bergengsi di Kemenristek Dikti seperti PHBD (Program Hibah Bina Desa), PKM, dll.

Prodi PKP menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri, yang didukung dengan adanya organisasi di bidang Penyuluhan Pertanian/Pemberdayaan Masyarakat seperti : Asosiasi Prodi Penyuluhan, Komunikasi Pembangunan, dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (APPK- KPPMI), organisasi Profesi Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia (PAPPI). Selain itu juga bekerjasama dengan berbagai kementrian seperti: Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan, Kementrian Hukum Dan Ham, Kementrian Desa; Pemerintah Daerah (Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan, Bappeda dan perusahaan besar di Indonesia (Sinar Mas, Astra Agro Lestari, Bisnis Indonesia, dll).