Lulusan program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) bergelar Sarjana Pertanian (S.P.) memiliki peluang kerja sebagai berikut.

NOPROFILDESKRIPSI
1Praktisi Penyuluh  Melakukan penyuluhan pertanian tanaman pangan, perkebunan, penyuluhan kehutanan, penyuluhan peternakan, agrowisata, penyuluh pemasyarakatan dll
2Agen pemberdayaan masyarakatMerancang, menyelenggarakan, dan mengevaluasi kegiatan pemberdayaan masyarakat (perusahaan, LSM, lembaga pemerintah, event organizer)
3KonsultanMenjadi konsultan pemberdayaan masyarakat, konsultan pengembangan UMKM, konsultan organisasi kelembagaan dan CSR (Corporate Social Responsibility).
4WirausahaMelaksanakan dan mengelola usaha di bidang pertanian antara lain usaha di bidang saprodi, budidaya, pascapanen, pemasaran dan penyedia sarana pendukung usaha di bidang pertanian.
5Birokrat  dan Perencana PembangunanMenjadi pegawai di instansi pemerintah yang berkontribusi dalam  melakukan analisis kebutuhan untuk perencanaan program-program pembangunan  baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah khususnya di sektor pertanian.
6Tenaga profesional di lembaga-lembaga  keuanganMenjadi tenaga profesional  yang bekerja di perbankan, koperasi, dan jasa leasing.
7Tenaga profesional bidang marketing di perusahaanMenjadi  tenaga professional dalam pemasaran di perusahaan (BUMN, BUMD, swasta)
8Jurnalistik dan mediaMenjadi jurnalis dan  pengelola media massa
9Pendidik dan penelitiMenjadi dosen, guru, pendidik dan pelatih professional, peneliti di lembaga survei, lembaga penelitian pemerintah dan swasta