SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai pengetahuan dan teknologi bidang pertanian secara umum (teknis, ekonomi, dan sosial), serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah pembangunan pertanian secara prosedural dan komprehensif.
  2. Menguasai pengetahuan khusus dan teknologi bidang penyuluhan dan komunikasi pertanian dalam rangka pemberdayaan masyarakat berdasarkan perannya sebagai dinamisator, fasilitator, motivator dan katalisator yang memiliki integritas tinggi, demokratis, beretika serta mampu bekerjasama dalam rangka transformasi masyarakat.

KETRAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu mengelola kegiatan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan perannya sebagai dinamisator, fasilitator, motivator, organisator dan katalisator
  2. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program pembangunan pertanian dan pemberdayaan masyarakat yang partisipatif serta berkelanjutan.
  3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana komunikasi dialogis, mengorganisasi dan mengembangkan kapasitas masyarakat dalam rangka membangun pertanian yang progresif.
  4. Mampu mensinergikan stakeholder dan berbagai kepentingan di dalam pengambilan keputusan untuk mengefektifkan pemberdayaan masyarakat
  5. Mampu menguasai teori komunikasi dalam upaya perencaan dan pengembangan inovasi
  6. Mampu menemukan, mengolah dan mengkomunikasikan inovasi kepada pemangku kepentingan atau penerima manfaat secara efektif dan efisien
  7. Menguasai berbagai jenis inovasi baik dalam area on farm maupun off-farm.
  8. Mampu menganalisis kondisi ekologi, sosial, budaya, dan ekonomi suatu masyarakat dan komunitas tertentu.
  9. Mampu menganalisis peluang perubahan sosial pada suatu komunitas/masyarakat/ lembaga tertentu yang berbasis pada keadilan dan keberlanjutan baik secara sosio-budaya, ekonomi, dan ekologi
  10. Mampu menginisiasi perubahan sosial dengan memperhatikan konteks lokal, regional, nasional, dan global.

KETRAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmupengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian; masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.