Category Archives: berita

GIRIMULYO DI DORONG JADI DESA INTEGRATED FARMING INOVATIF

Solo, Pada Hari Sabtu, 12 Agustus 2017, Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret selenggarakan serangkaian kegiatan untuk  mewujudkan Desa Girimulyo sebagai Desa Integrated Farming Inovatif di Kabupaten Karanganyar. Ketua Tim Kegiatan Dr. Eny Lestari, dalam laporannya menyampaikan kegiatan fermentasi jerami merupakan lanjutan kegiatan yang telah dirintis sejak tiga tahun yang lalu dan berharap kedepan masyarakat di Desa.  Girimulyo yang memiliki banyak potensi dengan sentuhan inovasi teknologi mampu mendongkrak perekonomian lokal. Kepala Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Agung Wibowo, MSi menandaskan bahwa Desa Girimulyo sebagai mitra Program Studi PKP diharapkan menjadi Desa Integrated Farming Inovatif. Kegiatan ini  didasarkan atas amanah UU No 6 tahun 2014 tentang Desa, di dalam Undang Undang tersebut menyebutkan bahwa desa kuat, maju, mandiri, dan demokratis menjadi landasan melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan  sejahtera. Desa Inovatif adalah Desa mengembangkan hal-hal baru berbasis sumber daya yang dimiliki serta diwujudkan melalui pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan. Acara yang dihadiri oleh pejabat dari Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar Hery Sulystio, SH., MM dalam sambutannya menekankan bahwa “peternak harus menerapkan inovasi dalam pemberian pakan ternak sehingga ternaknya bisa optimal dan waktu yang digunakan oleh peternak untuk mencari rumput  bisa digunakan untuk aktivitas produktif lainnya”.  Kegiatan yang dilakukan oleh UNS ini memiliki peran yang strategis di dalam mendorong desa Girimulyo menjadi betul-betul Desa Integrated Farming Inovatif. Kepala Desa Girimulyo Suparno berharap kegiatan ini berlanjut dan sinergis dengan rencana pengembangan BUMDes.

10-11 April Prodi PKP Selenggarakan Workshop Submitting for International Journal

Workshop Jurnal Internasional

Dalam rangka memfasilitasi publikasi ke jurnal internasional, program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) akan menyelenggarakan workshop Writing and Submitting for International Journal pada tanggal 10-11 April 2017  (Senin-Selasa) di Hotel Pondok Asri Tawang Mangu. Workshop ini akan menghadirkan 4 pembicara antara lain:

Prof .Ananta Kumar Giri, P.hD (Pengelola dan Reviewer beberapa jurnal internasional)

Jess Fernandes, P.hD (Pengelola Jurnal Internasional, SEAMEO Biotrop)

Fitria Rahmawati, P.hD (Penulis Jurnal Internasional terindeks Scopus)

Dr. Arif Maftudin, M.Si (Executive editor Jurnal Al Jamiah, UIN Suka)

Kegiatan juga terbuka untuk umum dengan terlebih dahulu melakukan konfirmasi pendaftaran dengan cara:

Jurnal Internasional_Nama_Instansi (dikirim via sms/WA ke 085642141372)

Pendaftaran sewaktu-waktu ditutup jika jumlah peserta telah memenuhi kuota. (e*)

Mapres PKP, Raih Juara 2 Mapres Tingkat Fakultas

Juara 1 Mahasiswa berprestasi (Mapres) tingkat program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Mega Sintya Indriyani berhasil meraih juara 2 Mapres tingkat fakultas yang digelar 9 Maret 2017. Mega yang membawa karya tulis dengan judul Griya Edukasi On Line sebagai Solusi Pemberdayaan Pelaku Pasar Tradisional di Kota Surakarta kalah tipis dengan pemenang pertama yang diraih perwakilan dari program studi peternakan. Sebelum mewakili prodi, Mega terlebih dahulu bersaing dengan 5 finalis lainnya di tingkat prodi. Dengan berbekal IPk 3,58 dan prestasi di tingkat nasional (Juara 1 LKTI Tingkat nasional, Best Speaker tingkat nasional, Juara 3 poster tingkat nasional) serta delegasi Young Entrepreneur di Malaysia, Mega berhasil menjadi pemenang pertama dan mewakili PKP di tingkat fakultas.

Pemenang Mahasiswa berprestasi tingkat prodi PKP

Juara 1 : Mega Sintya Indriyani (PKP 2014)

Juara 2 : Ratih Rahmawati (PKP 2014)

Juara 3: Luluk Ilma (PKP 2014)

Harapan 1 : Nurul Wahidah Rahmatika (PKP 2016)

Harapan 2 : Sofiah Rohmania Ulfa (PKP 2016)

Harapan 3 : Yusrina Lutfi (PKP 2015)

Penganugerahan mapres tingkat prodi telah dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM PELITA) pada tanggal 14 Maret 2017. (e*)

 

25 Maret 2017, Prodi PKP Selenggarakan International Talk Show

Publikasi International Talkshow PKP

 

Program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret  pada tanggal 25 Maret 2017 akan menyelenggarakan International Talk Show in Potography dengan menghadirkan pembicara Alida Szabo. Alida Szabo merupakan sosiolog, documentary film maker dan fotografi lulusan dari Berlin dan Hungaria. Talk show ini selain akan dihadiri oleh mahasiswa prodi PKP juga dibuka untuk umum dengan HTM Rp 30.000,00. Peserta akan memperoleh ilmu, konsumsi, sertifikat dan doorprize.  Pendaftaran kegiatan dilayani dengan cara registrasi : Name_Instance_Phone Number ke 087776072595 (Nesmi).  Agung Wibowo, M.Si selaku kepala Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan akan semakin meningkatkan skill peserta khususnya dalam bidang fotografi yang akan mendukung dunia kampus dan pasca kampus. Selain menggelar international talkshow, dalam waktu dekat prodi juga akan menghadirkan Prof. Antagiri (dari India) yang akan memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi internasional.

Lowongan CO ASS Maret 2017

Dibuka peluang menjadi Co Ass mata kuliah:

1. Komunikasi Bisnis  (6 orang)

2. Komunikasi Massa (2 orang)

3. Kewirausahaan (2 orang)

 

Lamaran diterima paling lambat: Senin, 6 Maret 2017

Syarat:

1. Menyerahkan surat lamaran yang ditujukan kepada koordinator mata kuliah tersebut

2. Menerahkan fotokopi KHS Mata kuliah Komunikasi Bisnis, Kewirausahaan dan Komunikasi Massa

3. Menyerahkan 1 lembar pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4

4. Mendapatkan nilai B (3,0) pada mata kuliah yang dilamar

Bagi yang berminat, berkas dapat dikumpulkan di administrasi program studi PKP.

 

Tertanda,

Tim Dosen Pengampu

PKP FP UNS Launching Sekolah Tani Organik Digdaya Muda

Program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian UNS Rabu, 18 Januari 2017 melaunching sekolah tani organik Digdaya Muda di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedhang, Kabupaten Karanganyar. Program sekolah khusus untuk petani ini merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Desa Pendem, Komunitas Lingkar Sanggar (KLS) Karanganyar, serta Pusat Pelatihan Penyuluhan Pertanian Swadaya (P4S) Rukun Makaryo. Launching program dilakukan dengan penandatanganan prasasti pendirian sekolah tani oleh Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof. Dr. Ir.H. Bambang Pujiasmanto, MS, Kepala program studi PKP Agung Wibowo, M.Si, Kepala Desa Pendem Heru Murwanto, serta Ketua P4S Rukun Makaryo, Paiman Hadi.

Pasca penandatanganan prasasti, kegiatan dilanjutkan dengan pembelajaran ekologi tanah yang akan dilaksanakan selama 4 mulai hari Rabu-Sabtu, 18-21 Januari 2017 bertempat di balai desa Pendem dan edupark Desa Pendem. Peserta pelatihan berjumlah 50an peserta yang bukan saja berasal dari internal petani di Mojogedhang, namun juga dari Yogyakarta dan Madura. Inisiasi sekolah tani organik Digdaya Muda dilatarbelakangi oleh keprihatinan bahwa saat ini banyak petani yang kurang memperhatikan keseimbangan alam dalam menjalankan usaha taninya. Kepala prodi PKP Agung Wibowo, M.Si menyampaikan wilayah Desa Pendem bisa menjadi laboratorium lapang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori di bangku kuliah. Sementara Dekan Fakultas Pertanian UNS dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk hilirisasi dan komersialisasi hasil riset universitas. Kepala Desa Pendem Heru Murwanto menambahkan sangat mendukung program ini, bahkan masyarakat berpartisipasi aktif termasuk merelakan sebagian tanah kas desa untuk mendukung kegiatan sekolah tani tersebut. (eru)

2016 Dosen PKP Terbitkan 5 Judul Buku

Partisipasi Humanis

Dosen program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) FP UNS selama tahun 2016 berhasil menerbitkan buku sebanyak 5 judul diantaranya ; (1) Dinamika Pembangunan Pedesaan (Dr Eny Lestari dkk), (2) Partisipasi yang Humanis (Agung Wibowo, M.Si dkk), (3) Pengembangan Masyarakat (Agung Wibowo, M.Si dkk), (4) Komunikasi Bisnis (Dr Suminah, dkk), serta Bunga Rampai Penyuluhan (Arip Wijianto,M.Si dkk). Buku-buku tersebut merupakan hasil pemikiran maupun luaran dari hibah penelitian yang telah diraih oleh dosen-dosen PKP. Agung Wibowo, M.Si selaku kepala program studi PKP berharap agar setiap tahun dosen di prodi PKP terus produktif dalam menulis dan menghasilkan buku. Buku merupakan salah satu bentuk hilirisasi hasil riset yang bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan hasil pemikiran maupun hasil penelitian kepada masyarakat (akademisi, peneliti, mahasiswa, dll). Bagi yang menginginkan buku-buku tersebut bisa menghubungi program studi PKP FP UNS.

Zaini Ahsan Prahendra Ketua HM PELITA 2017

edelweis (3)
Himpunan Mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM PELITA) Program Studi PKP Fakultas Pertanian UNS baru saja menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) yang diisi dengan kegiatan Laporan Pertanggungjawabab pengurus masa bakti 2016 serta pemilihan ketua umum HM PELITA yang baru. Kegiatan yang diselenggarakan pada akhir Desember 2016 tersebut baru berakhir pada tanggal 6 Januari 2017. Terpilih Zaini Ahsan Prahendra mahasiswa PKP semester 4 sebagai ketua HM PELITA periode 2017 menggantikan Budi Cahyono. Agung Wibowo, S.P., M.Si selaku kepala program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) FP UNS berharap kepengurusan HM Pelita yang baru bisa mempertahankan prestasi kepengurusan sebelumnya serta meningkatkan prestasi dan kinerja untuk kedepannya. Dr Suminah, M.Si selaku pembina HM PELITA berharap agar prestasi seperti Program Hibah Bina Desa (PHBD) yang diraih tahun lalu bisa ditingkatkan lagi dengan raihan prestasi-prestasi lainnya.

PKP FP UNS Pamerkan Hasil Praktikum Mahasiswa

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) UNS menyelenggarakan Gelar Bisnis dan Produk Hasil Praktikum Mata Kuliah Kewirausahaan, Senin (13/6). Dekan Fakultas Pertanian Prof Bambang Pujiasmanto sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan serupa juga dilakukan oleh prodi-prodi yang lain. Koordinator Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)UNS Prof Asri Laksmi dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa. “Kami berharap untuk selanjutnya bisa mendatangkan stakeholder terkait sehingga mendorong semangat mahasiswa untuk berwirausaha”. Dosen kewirausahaan UNS Hanifah Ihsaniyati, M.Si mengatakan bahwa rangkaian kegiatan itu antara lain memberikan pembelajaran bisnis kepada mahasiswa. ‘Program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian ke depan akan memfasilitasi kerja sama dengan stakeholder terkait . Untuk produk yang sudah memperoleh izin Dinas Kesehatan kedepannya akan kami fasilitasi untuk memperoleh legitimasi yang lebih kuat ke BPOM untuk uji produk. Harapan lebih jauhnya merek produk tersebut akan memperoleh perlindungan Hak Kekayaan Intelektual”, Agung Wibowo, M.Si selaku ketua program studi PKP menambahkan.

PKP FP UNS Selenggarakan Bedah Buku Pengembangan Masyarakat

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) UNS Rabu (14/9) menyelenggarakan kuliah umum dan bedah buku Pengambangan Masyarakat di kampus Fakultas Pertanian UNS. Hadir Sebagai pembicara selaku pakar pemberdayaan masyarakat asal Amerika Serikat (AS) Gregory Vanderbilt. Dalam kegiatan tersebut, Gregory membawakan diskusi dengan tema: “Village Empowermnet and Local Culture: Problem and Some Challenges in Indonesia”. Gregory menjelaskan kerja sama antar tokoh agama di tingkat lokal sangat baik dalam menumbuhkembangkan modal sosial untuk pemberdayaan desa. “Kuatnya modal sosial akan meningkatkan efisisensi setiap program-program pembangunan’, ujar Gregory Vanderbilt yang merupakan lulusan dari University of California AS ini.

Kuliah umum ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof Bambang Pujiasmanto. Dalam sambutannya, Prof Bambang berharap adanya tindak lanjut kerja sama untuk peningkatan publikasi internasional . Prof Bambang juga mengapresiasi terbitnya buku Pemberdayaan Masyarakat oleh dosen FP, Agung Wibowo dkk. Tampil sebagai pembedah buku dalam kegiatan tersebut Siti Mulyani M.Si dari Kementerian Sosial. Acara ini dihadiri oleh 150 peserta mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Pengembangan Masyarakat.